KERANGKA
ACUAN KERJA
(
KAK )
PEKERJAAN
PERENCANAAN
DAN PENGAWASAN
FASILITASI
PRASARANA DAN SARANA DASAR
…………………………
KEGIATAN
FASILITASI
PRASARANA DAN SARANA DASAR
………………………
Lokasi
:
·
Kota
…………..
·
Kabupaten
……………..
TAHUN ANGGARAN
2009
KEGIATAN : ………………………………..
PEKERJAAN : ………………………………..
LOKASI :
………………………………..
TAHUN ANGGARAN : ………………………………..
SUMBER DANA : ………………………………..
KERANGKA
ACUAN KERJA
(
KAK )
I.
PENDAHULUAN
A.
Umum
Suatu
kegiatan Bantuan Prasarana dan Sarana Dasar (PSD) …………………… yang dapat menunjang
kehidupan masyarakat tersebut baik dari sisi ekonomi, social, pemerintahan
maupun aktifitas lainnya. Terlebih lagi peningkatan kualitas prasarana dan
sarana Perumahan/Permukiman ataupun kawasan permukiman.
Hal
ini dikarenakan dalam proses perencanaan dan pengawasannya haruslah dipilih
jenis prasarana yang sesuai kepentingan masing-masing daerah kabupaten maupun
kota serta memenuhi standar teknis yang telah ditentukan. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, pemberi jasa perlu
diarahkan secara baik mulai perencanaan lay-out pengukuran, sosialisasi serta
perencanaan teknis maupun pengawasan fisik di lapangan yang menyeluruh sesuai
dengan kaidah, norma dan kompetensi professional yang berlaku.
Kerangka
Acuan Kerja (KAK) untuk pekerjaan Perencanaan dan Pengawasan perlu disiapkan
secara matang sehingga mampu memndorong terwujudnya karya perencanaan yang
sesuai dengan kepentingan kegiatan.
B.
Maksud
dan Tujuan
1. Kerangka
Acuan Kerja (KAK) ini merupakan petunjuk bagi konsultan
C.
Sasaran
…………………………………………………………
D.
Nama
dan Organisasi Pengguna Jasa
………………………………………………………………………
E.
Sumber
Pendanaan
……………………………………………………………………..
F.
Lingkup,
Lokasi, Data dan Fasilitas Penunjang serta Alih Pengetahuan
1.
Lingkup Kegiatan
Lingkup
kegiatan ini adalah, adalah :
2.
Lokasi Kegiatan
Kegiatan
jasa konsultasi ini dilaksanakan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.
Data dan Fasilitan Penunjang
a. Penyediaan
oleh pengguna jasa
Data
dan fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan dan harus
dipelihara oleh penyedia jasa :
1) Laporan
dan Data
Kumpulan laporan dan data sebagai hasil studi terdahulu
serta fotografi
2) Akomodasi
dan Ruangan Kantor
3) Staf
Pengawas
4) Fasilitas
yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan oleh penyedia jasa
b. Penyediaan
oleh penyedia jasa
Apabila
dipandang perlu oleh pengguna jasa maka, penyedia jasa harus mengadakan
pelatihan, kursus singkat, diskusi dan seminar terkait dengan substansi
pelaksanaan pekerjaan dalam rangka alih pengetahuan kepada staf proyek.
G.
Metodologi
……………………………………………………………………
H.
Jangka
Waktu Pelaksanaan
Jangka
waktu pelaksanaan kegiatan ini diperkirakan ……………….. (hari kerja)
I.
Tenaga
Ahli
Tenaga
Ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
1. Ketua
Tim (Team Leader)
Ketua
Tim disyaratkan seorang Sarjana Teknik Strata 1. Jurusan ……… Lulusan
Universitas negeri atau yang telah disamakan, berpengalaman dalam pelaksanaan
pekerjaan di bidang …………… subbidang ………………. Sekurang-kurangnya ……… tahun.
Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh
kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama …………… bulan penuh
sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
2. Tenaga Ahli ……….
Tenaga
Ahli yang disyaratkan adalah Sarjana ……….. Strata 1. Jurusan ……… Lulusan
Universitas negeri atau yang telah disamakan, berpengalaman dalam pelaksanaan
pekerjaan di bidang …………… subbidang ………………. Sekurang-kurangnya ……… tahun.
3. Tenaga Ahli ……….
Tenaga
Ahli yang disyaratkan adalah Sarjana Muda ……….. . Jurusan ……… Lulusan
Universitas negeri atau yang telah disamakan, berpengalaman dalam pelaksanaan
pekerjaan di bidang …………… subbidang ………………. Sekurang-kurangnya ……… tahun.
J.
Keluaran
Keluaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah ……………
K.
Laporan
Jenis
Laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah :
1. Laporan
Pendahuluan, berisi :
a. Rencana
kerja penyedia jasa secara menyeluruh
b. Mobilisasi
tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya
c. Jadual
kegiatan penyedia jasa
Laporan
harus diserahkan selambat-lambatnya …………… bulan sejak SPMK diterbitkan sebanyak
………… buku laporan
2. Laporan
Bulanan, berisi :
a. Laporan
…………….
b. Laporan
…………..
Laporan
harus diserahkan selambat-lambatnya tanggal ………….. setiap bulan sebanyak ………
buku laporan
3. Laporan
Antara, berisi :
Hasil sementara pelaksanaan pekerjaan harus dilaporkan
selambat-lambatnya …………… bulan sejak SPMK diterbitkan sebanyak ………… buku
laporan
4. Laporan
Khusus (bila diperlukan), berisi :
a. Laporan
…………….
b. Laporan
…………..
5. Laporan
Akhir, berisi :
a. Laporan
…………….
b. Laporan
…………..
Laporan
harus diserahkan selambat-lambatnya ………….. bulan sejak SPMK diterbitkan
sebanyak ……… buku laporan dan CD berisi seluruh laporan termasuk summary report ……….. buah.
KEPALA
KANTOR / SATUAN KERJA
(………………………)
Nip …………….
No comments:
Post a Comment